news.detik

0 komentar

news.detik


Tips Menjaga Kerahasiaan PIN untuk Keamanan Transaksi Perbankan

Posted: 06 Apr 2014 11:09 AM PDT

Senin, 07/04/2014 16:22 WIB

Jakarta - Perkembangan teknologi perbankan layaknya dua sisi mata uang. Hadirnya mesin ATM di berbagai lokasi strategis, layanan perbankan dengan EDC, internet banking dan mobile banking di satu sisi memberi kemudahan dan kemandirian bagi nasabah untuk bertransaksi di manapun dan kapanpun. Namun, di sisi lain nasabah rentan terhadap kejahatan perbankan.

Namun, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus berkomitmen untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan nasabah, terutama dalam hal transaksi keuangan elektronik. BCA telah menerapkan sistem pengamanan yang canggih untuk menjaga keamanan data nasabah dari berbagai modus kejahatan. Tetapi ada baiknya apabila nasabah BCA juga waspada. Salah satunya dengan menjaga keamanan PIN kartu ATM/Debet, Key BCA ataupun KlikBCA dengan beberapa tips berikut :

1. Pastikan tidak ada pihak lain yang mengetahui PIN Anda
Jangan pernah memberi tahukan PIN kartu ATM/Debet dan PIN Key BCA kepada siapapun termasuk petugas bank dan keluarga. Petugas bank tidak memiliki kepentingan untuk menanyakan PIN kartu ATM/Debet atau PIN Key BCA kepada nasabah. Selain itu, hindari untuk mencatat PIN dimanapun termasuk menyimpannya di dalam dompet.

2. Jangan pinjamkan kartu ATM dan Key BCA
Kartu ATM/Debet dan Key BCA bersifat personal. Usahakan untuk melakukan berbagai transaksi melalui ATM atau internet banking sendiri, dan jangan pindah tangankan kartu ATM/Debet dan Key BCA.

3. Tutupi PIN dengan tangan
Salah satu modus kejahatan perbankan seperti skimming akan selalu berdampingan dengan usaha untuk melakukan pengintipan PIN kartu ATM/Debet. Oleh karena itu tutupilah tangan anda saat melakukan input PIN pada mesin ATM tunai dan non tunai atau mesin EDC.

4. Ganti PIN secara berkala
Pilih kombinasi nomor yang unik dan sulit untuk ditebak oleh orang lain. Jangan gunakan nomor plat kendaraan, tanggal lahir atau nomor telepon sebagai nomor PIN. Untuk keamanan ganti nomor PIN satu bulan sekali. Jika benar-benar lupa nomor PIN ATM, segera ke cabang BCA terdekat untuk mendapat penggantian kartu Paspor BCA yang baru

5. Tidak meninggalkan mesin ATM sebelum tuntas bertransaksi
Sebelum meninggalkan ATM tunai maupun ATM non tunai, pastikan transaksi sudah benar-benar tuntas dan layar pada mesin ATM sudah kembali ke menu awal. Pastikan juga kartu ATM sudah Anda tarik dari reader dan tersimpan dengan baik.

6. Jangan hiraukan pihak-pihak yang menawarkan bantuan dalam ruang ATM
Ketika mengalami kesulitan saat bertransaksi segera hubungi Halo BCA di (021) 500888. Jangan pernah menghiraukan pihak-pihak yang menawarkan bantuan di dalam ruang ATM, karena bisa jadi merupakan salah satu modus kejahatan perbankan.

7. Selalu waspada saat melakukan transaksi e-banking
Jangan lakukan transaksi di perangkat komputer yang dipakai secara umum dan pastikan Anda sudah log out sebelum beranjak dari depan layar komputer. Selain itu, BCA tidak pernah meminta memasukkan angka/respon dari KeyBCA diluar dari transaksi transfer, pembayaran, pembayaran e-commerce, pembelian, mendaftarkan rekening tujuan transfer, mengubah alamat email, registrasi kartu kredit, menambah atau menghapus koneksi KeyBCA, aktivasi KeyBCA dan aktivasi BCA KlikPay.

8. Waspada penipuan melalui telepon, fax atau email
Petugas bank BCA tidak berkepentingan untuk mengetahui PIN kartu ATM/Debet ataupun KeyBCA. Oleh karena itu jangan hiraukan telepon, fax atau email oknum petugas bank yang menanyakan data pribadi termasuk PIN ATM, Key BCA ataupun PIN internet banking. Tips-tips tersebut diharapkan dapat membantu nasabah agar lebih aman dan nyaman dalam melakukan transaksi. Apabila ada hal yang mencurigakan saat bertransaksi, hubungi Halo BCA di (021) 500888.

BCA Senantiasa di Sisi Anda

(adv/adv)

Punya info seputar #LaluLintas? Jangan lupa kirim ke pasangmata.com .



Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com

Finis Empat Besar Makin Sulit untuk The Gunners

Posted: 06 Apr 2014 10:45 AM PDT

Liverpool - Kekalahan telak yang diderita Arsenal atas Everton membuat peluang lolos The Gunners ke Liga Champions dalam ancaman. Arsene Wenger tak menyangkal kalau finis empat besar akan sulit buat timnya.

Limabelas hari setelah dihantam Chelsea 0-6 di Stamford Bridge, Arsenal kembali menelan kekalahan telak. Kali ini Goodison Park yang menjadi kuburan buat 'Gudang Peluru' saat mereka takluk 0-3 dalam lawatan ke Everton, Minggu (6/4/2014) malam WIB.

Nol poin dari pekan ke-33 ini memang belum menggeser posisi Arsenal di tangga keempat klasemen. Namun posisi Mikel Arteta dkk terus dapat tekanan terkait upaya menembus empat besar di akhir musim dan mengamakan tiket ke Liga Champions. Dengan poin 64, anak didik Arsene Wenger cuma unggul satu angka atas Everton di posisi lima.

Dengan cuma ada lima laga tersisa sampai akhir musim, Arsenal menghadapi perjuangan berat untuk bisa mempertahankan posisinya. Terlebih performa mereka belakangan semakin tak konsisten, dengan cuma dapat lima poin dari enam pertandingan terakhir di Premier League (1W 2D 3L)

"Everton lebih baik, lebih tajam dan layak menang. Satu-satunya momen di mana kami sepertinya akan bisa bangkit adalah di babak kedua, (tapi) kami lalu memberikan gol mudah (bunuh diri Arteta). Lalu semuanya berakhir," sahut Wenger usai pertandingan.

"Akan sulit untuk finis di empat besar, tapi hal pertama yang kami harus fokus adalah kualitas performa kami," lanjut Wenger di BBC.

Dibanding Everton yang masih harus berhadapan dengan Manchester United dan Manchester City di pertandingan sisa musim ini, langkah Arsenal terbilang lebih mudah karena mereka cuma akan melawan tim-tim di luar 10 besar. Newcastle United (9) akan menjadi lawan terberat Arsenal di sisa musim. Namun yang membuat Wenger risau adalah memudarnya kepercayaan diri tim.

"Saya tidak akan mempertanyakan semangat tim ini, tapi kami kehilangan kepercayaan diri. Kami terlihat tidak padu saat harus mencetak gol. Satyu lagi kekalahan besar saat menjalani laga tandang telah mengurangi karisma dari tim ini," tuntas Wenger.

(din/raw)

Puja-puji Garcia untuk Destro

Posted: 06 Apr 2014 10:38 AM PDT

Cagliari - Mattia Destro menjadi aktor kemenangan AS Roma atas Cagliari 3-1. Pelatih Roma Rudi Garcia pun tidak sungkan memberi pujian bagi penyerang muda Italia ini.

Melawat ke Stadio Sant'Elia pada laga yang digelar Minggu (6/4/2014), Destro membuka catatan hat-tricknya setelah memanfaatkan umpan Gervinho guna membawa Roma unggul 1-0 saat turun minum.

Tidak lama setelah restart, umpan Radja Nainggolan sukses diteruskan Destro yang sukses membobol gawang Catania. Destro melengkapi trigolnya di menit ke-74 berkat assist Alessandro Florenzi. Cagliari mencetak gol hiburan semenit sebelum waktu normal berakhir lewat gol penalti Mauricio Pinilla.

Trigol itu merupakan yang ke-13 bagi pesepakbola berusia 23 tahun itu, atau yang ketujuh dalam enam pertandingan terakhir dia.

"Semua yang saya tahu tentang dia adalah dia sedang cedera," ungkap Garcia kepada Sky Sport Italia.

"Hari ini dia membuktikan bahwa dia tidak hanya seorang striker di dalam kotak, melainkan seorang penyerang yang lengkap dan dia paham dalam mengeluarkan segala yang terbaik di setiap detik pertandingan. Dia mesti mempertahankan hasrat untuk menang."

Performa oke Destro bukan hanya menyenangkan Garcia, melainkan seluruh tim. Garcia mengungkapkan rasa puasnya dengan performa Roma.

"Ini adalah hasil yang benar, terutama dengan penguasaan bola yang besar dan lancar di babak kedua. Kami mampu memanfaatkan banyak ruang setelah merebut kembali kepemimpinan" ujar Garcia.

(rin/raw)

Karyawan Rental Mobil di Pekanbaru Diduga Tewas Dibunuh di Kamar Kosnya

Posted: 06 Apr 2014 10:18 AM PDT

Senin, 07/04/2014 00:18 WIB

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews

Halaman 1 dari 2

Pekanbaru - Seorang pria lajang warga Pekanbaru ditemukan tewas bersimbah darah di kamar kosnya. Diduga korban yang diketahui bernama Adhi Triwibowo alias Bob (24) itu tewas dibunuh.

Bob diketahui merupakan karyawan sebuah rental mobil di pekanbaru. Bob ditemukan tewas sekitar pukul 17.00 WIB, Minggu (6/4/2014), di kamar kosnya di Jl Bata, Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru.

Korban ditemukan dengan luka mengenaskan. Bagian kepalanya terdapat bekas luka sayatan yang diperkirakan dihantam toples. Ini karena bekas toples yang ada dalam kamar kos tersebut terlihat pecah dan terdapat bercak darah.

Pria ini memili tato bertuliskan huruf cina dibagian dada sebelah kanannya. Sedangkan ditengkuk lehernya ada tato bertuliskan BOB.

Menurut saksi mata, Hariyanto adik ipar pemilik rumah kos, bahwa Bob baru dua pekan tinggal di tempat itu.

"Sore tadi saya sempat mendengar suara gaduh dari dalam kamar tersebut. Sempat saya tegur dari luar, namun ada jawaban dari dalam kamar tidak ada-apa," kata Hariyanto.

Hariyanto sempat melihat sebuah sepeda motor terparkir di depan kamar kos Bob. Menjelang magrib, sepeda motor tidak terlihat lagi.Next

(cha/ahy)

Punya info seputar #LaluLintas? Jangan lupa kirim ke pasangmata.com .



Sponsored Link

Jaga Kerahasiaan PIN untuk Keamanan Transaksi Perbankan Anda

Posted: 06 Apr 2014 10:15 AM PDT

Monorel Jangan Dikasih Alternatif Metro Kapsul, Nanti Nggak Kelar

Nasib pengerjaan monorel di Jakarta masih menggantung, bahkan menemui jalan buntu. Kini sudah muncul wacana transportasi lain, metro kapsul. Menurut guru besar transportasi dari Untar, Prof Leksmono Suryo Putro, sebaiknya, gagasan monorel mesti segera direalisasikan dan jangan buru-buru diberikan alternatif lain. Bila Anda setuju dengan Prof Leksmono, pilih Pro!

Puas dengan Penampilan Everton, Martinez Ingin Maksimalkan Enam Laga Tersisa

Posted: 06 Apr 2014 10:05 AM PDT

Liverpool - Kemenangan besar atas Arsenal membuat pelatih Everton Roberto Martinez puas. Kini ia berharap timnya bisa terus melaju dan memaksimalkan enam laga tersisa.

Everton sukses menggulung Arsenal 3-0 di Goodison Park, Minggu (6/4/2014) malam WIB. Kemenangan ini memberikan dorongan besar untuk The Toffees dalam memburu tiket Liga Champions.

Meski belum beranjak dari posisi lima Premier League, tapi kini mereka cuma berjarak satu poin dari Arsenal di tangga keempat dengan masih menyimpan satu laga di tangan. Anak-anak Merseyside mengoleksi nilai 63 sementara 'Meriam London' punya 64 poin.

Oleh karena itu, Martinez tak ingin menyianyiakan enam pekan tersisa. Meski puas dengan kemenangan atas Arsenal, dia mengingatkan timnya agar tak terbuai dan siap menyambut laga-laga berikutnya.

"Kami sudah tahu jika mendapatkan tiga poin hari ini maka kami bakal punya 63 poin, tapi kami masih punya 18 poin lain yang bisa dimainkan. Jika mulai sekarang kami tidak memetik poin, maka kami tidak akan meraih target," katanya di BBC.

"Ya, ini adalah sebuah kemenangan besar dan sebuah dorongan psikologis yang luar biasa, tapi karakter liga ini adalah siap dari laga ke laga. Tapi hari ini adalah sebuah kenangan bagus untuk Everton dan kami sangat bangga atas performa itu," tandas manajer asal Spanyol ini.

(raw/rin)


Posting Komentar