Inilah.com - Terkini

0 komentar

Inilah.com - Terkini


Makna di Balik Jersey Persib

Posted: 01 Apr 2014 10:19 AM PDT

BANYAK makna di balik desain baju Persib musim kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014. Apa itu?

Sebagai tim besar, daya tarik Persib untuk para sponsor cukup besar, tak heran jersey Atep dkk dipenuhi banyak logo sponsor. Namun, selain menjadi penawaran tim marketing, penempatan logo sponsor juga harus terlihat sedap dipandang.

Desain grafis sekaligus Manajer Marchandise PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Achamd Gunawan Anwar mengatakan, disamping memiliki daya jual, penempatan logo sponsor di jersey pemain juga harus mempunyai nilai seni, jangan sampai asal-asalan.

Menurut pria karib disapa Iwan ini, selain lokasi penempatan logo sponsor, warna dari logo tersebut juga harus dipikirkan dengan baik. Sehingga, kata dia, tampilan jersey tim Maung Bandung bisa terlihat serasi antara warna dasar, dan juga warna logo sponsor.

"Penempatan sponsor itu ada dealing sama marketing, funggsional tanpa melupakan estetika, terutama di home semua sponsor semua menggunakan warna putih agar lebih baik dalam pembacaan nama sponsor. Dari League juga gak terlalu menggangu ke jersey-nya," kata Iwan di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Selasa (1/4).

Iwan menambahkan, selain warna logo sponsor, tentunya warna untuk nama dan nomor punggung juga turut disesuaikan. "Kita punya logo warna kuning dominan, makanya dipadu dengan numbering set, yang warna hijau scotlait nyaris kuning," tutur pria berusia 33 tahun ini.

Selain aspek estetika, dalam perancangan nama dan nomor punggung, Iwan juga harus memikirkan kebutuhan media visual seperti televisi dan foto, serta para penonton di lapangan. Menurutnya, identitas pemain juga harus terlihat jelas oleh para penonton dan juga pekerja media visual.

"Makanya dari segi fungsi akan terlihat jelas, dari sisi layout dari jaraknya antara sponsor, nama, nomor, harus terlihat di televisi. Penempatan ini bagian penting dari elemen jersey, bagi penonton di stadion dan di TV itu bisa tau identitas pemain," jelasnya.

Salah satu bahan acuan lainnya ada beberapa aturan baku dari AFC dan FIFA sebagai induk organisasi sepak bola Asia dan Internasional. "Kita masih ngikutin aturan FIFA dan AFC untuk numbering dan size numbering. Kalau sponsor aturan domestik, meski tidak tertulis tapi minimal gak mengganggu fungsi standar aturan sepak bola," tegasnya.

Sementara itu, untuk elemen lainnya, seperti penulisan Pangeran Biru di leher jersey bagian dalam serta pencantuman angka 1933 pada nomor punggung, lalu Persib Salawasna di leher bagian luar, dipaparkan Iwan, tidak terlepas dari nilai sejarah dari tim Maung Bandung.

Iwan menuturkan, bentuk kujang yang menghiasi bagian nomor punggung jersey juga mengandung makna mendalam, dimana menurutnya kujang sebagai salah satu senjata khas dari Jawa Barat. Dengan begitu, sambung dia, turut menguatkan bahwa Persib adalah tim dari Tanah Pasundan.

"Pemain itu ditunjuk untuk berjuang bersama seperti pangeran. 1933 sebagai behind story tahun kelahiran Persib. Untuk kujang itu sebenernya alat senjata di Jawa karena kebetulan Jawa Barat punya senjata ciri khas yang menjadi senjata juga bagi Prabu Siliwangi, dan juga sebagai penanda khas Jabar-nya, sehingga makin mengentalkan identitas," ungkapnya.

Pencantuman beberapa elemen kebudayaan khas Jawa Barat di jersey Persib ini juga didasarkan adanya perluasan makna dari sepak bola. Menurut Iwan, di Jabar ini khususnya, sepak bola sudah bukan lagi sekadar olahraga, melainkan sudah berkembang menjadi sebuah budaya masyarakat.

"Karena kebetulan saja berdirinya di Bandung dan jadi trend setter, dari zaman Belanda lahirnya di sini. Tapi Persib juga sudah jadi budaya Jawa Barat, sekalipun saya orang Sukabumi tapi rasa memiliki Persib, tanpa sadar sudah dialirkan darah biru," tandasnya. (ddy)

Industri Migas Ikut Atasi Kabut Asap di Riau

Posted: 01 Apr 2014 10:07 AM PDT

INILAHCOM, Jakarta - Industri hulu minyak dan gas bumi (migas) turut berperan serta dalam mengatasi polusi kabut asap di Provinsi Riau.

Kontribusi ini diberikan baik dalam bentuk upaya memadamkan api dan pembagian masker kepada warga yang terkena dampak kabut asap.

"Kontribusi ini merupakan bentuk kepedulian industri hulu migas terhadap masalah yang meresahkan kita semua," ujar Kepala Sub Bagian Komunikasi dan Protokol SKK Migas, Zudaldi Rafdi.

"Provinsi Riau telah lama menjadi tulang punggung produksi minyak nasional dengan target produksi minyak 334.854 barel per hari (bph) untuk tahun 2014. Tentu saja kejadian kabut asap ini dirasakan juga dampaknya oleh industri hulu migas," jelasnya melalui keterangan resmi SKK Migas, Selasa (1/4/2014).

Menurut Zudaldi, SKK Migas perwakilan Sumatera Bagian Utara telah membagikan 2.000 masker model 8210 N95 kepada warga masyarakat Provinsi Riau, yaitu warga di Pekanbaru, Dumai, Rokan Hilir, Pelalawan dan Siak.

Di sisi lain, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) juga secara aktif memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat. Lembaga ini juga melakukan koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengatasi masalah asap di Riau.

Sejak awal Januari 2014, Kontraktor KKS PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) telah memadamkan lebih dari 10.400 titik-titik api dengan menggunakan lebih dari 3 juta liter air. SKK Migas memberikan dukungan logistik.

Termasuk lebih dari 3.000 liter bahan bakar minyak kepada tim pemadam api BNPB dan menyumbangkan lebih dari 15.000 masker kepada masyarakat.

Pada saat ini PT CPI juga sedang mengadakan 40.000 masker tambahan untuk disumbangkan kepada masyarakat. Industri hulu migas siap membantu apa yang kami bisa untuk mengatasi masalah asap ini.

"Di sisi lain, kami berharap masalah ini menjadi perhatian semua pemangku kepentingan mengingat gangguan kegiatan operasi hulu migas di Riau bisa mengancam produksi minyak nasional," ujar Zudaldi.

Kabut asap sempat menyebabkan ratusan sumur minyak harus ditutup dan produksi minyak turun sampai 12.000 barel per hari (BOPD). Saat ini 50 sumur sedang dikerjakan dengan kemajuan yang sangat lambat akibat kabut asap.

Daerah operasi PT CPI di Bangko, Duri dan Libo masih mengalami kondisi kualitas udara yang buruk dengan tingkat Pollutant Standard Index (PSI) di atas 450 artinya sudah mencapai tingkat sangat berbahaya. [hid]

Gary Neville: MU Jangan Sesumbar Kalahkan Munchen

Posted: 01 Apr 2014 10:05 AM PDT

INILAHCOM, Manchester - Mantan kapten Manchester United Gary Neville mengatakan MU harus realistis bisa melewati hadangan sang juara bertahan Bayern Munchen di babak perempatfinal Liga Champions Eropa.

Setan Merah akan menjamu Die Roten di leg pertama, Rabu dini hari (2/4/2014) WIB. Melihat penampilan stabil Munchen di bawah asuhan Pep Guardiola, Neville menyebut sangat sulit bagi The Red Devils bisa meraih poin penting bahkan di kandang sendiri.

Oleh karena itu, mantan penggawa timnas Inggris itu mengingatkan agar skuad MU tak terlalu percaya diri menghadapi tim yang baru saja merengkuh gelar Bundesliga itu

Sebelumnya, pelatih United David Moyes mengungkapkan optimismenya bisa meraih hasil penting usai timnya berpesta gol 4-1 ke gawang Aston Villa di Liga Primer Inggris akhir pekan lalu.

"Saya lebih senang mengatakan kami lebih baik berharap ketimbang percaya diri. MU seharusnya lebih realistis, Bayern sedang berada di penampilan terbaik," jelas Neville yang kini menjabat staf pelatih MU kepada goal.

"Anda sedang membicarakan sebuah tim di puncak kekuatannya sementara Manchester United berada di masa transisi. Tak ada yang membantah fakta ini, laga ini adalah hasil undian paling sulit yang harus dihadapi United," ia memungkasi.

United lolos ke babak delapan besar berkat kemenangan agregat 3-2 atas Olympiakos sementara Munchen lolos berkat keunggulan agregat 3-1 atas Arsenal.

CEO Facebook, Gaji US$1, Tanpa Bonus

Posted: 01 Apr 2014 10:03 AM PDT

INILAHCOM, New York - CEO Facebook, Mark Zuckkerberg memperoleh gaji hanya US$1. Tetapi kenapa dia tidak melakukan protes?

Sebab Zuck, nama tenarnya, memiliki opsi penjualan saham senilai US$3,3 miliar. Pada tahun 2013 lalu dia hampir tidak mendapatkan gaji pokok.

Zuckerberg mememiliki acuan dengan tindakannya yang terungkap dalam dokumen perusahaannya, seperti mengutip cnbc.com.. Zuck mengikuti CEO Google, Sergey Brin, CEO Oracle, Larry Ellison dan CEO Tesla Elon Musk. Tetapi mereka tetap mendapat uang dari kerja kerasnya. Demikian juga dengan CEO Apple, Steve Jobs yang terkenal dengan gaji US$1.

Padahal saham miliknya saat ini turun ke nol. Tetapi dia memilih tidak menerima bonus. Sementara itu kompensasi tahunannya turun menjadi US$654,164 pada tahun 2013. Kompensasi sebelumnya mencapai US$2 juta atau turun 68 persen.

Semua kompensasinya dihabiskan untuk jet pribadi. Sebab biaya perjalanan dengan jet melonjak dari US$1,2 juta pada 2012. Pada tahun 2012, Zuck menduduki posisi puncak sebagai CEO bergaji tinggi dengan paket kompensasi mencapai US$2,28 miliar.

Tetapi Zuck tetap sebagai pemegang saham pengendali Facebook mencapai 426,3 juta saham senilai US$2,57 miliar. Angka itu berdasarkan angka penutupan Kamis (28/3/2014) di US$60,24. Meskipun pada bulan Maret, harga saham Facebook turun 12 persen.

Asyik, Game Flappy Bird Kembali Hadir!

Posted: 01 Apr 2014 10:00 AM PDT

INILAHCOM, Jakarta - Game fenomenal Flappy Bird kembali hadir di iTunes. Seperti apa?

Berdasarkan pengamatan INILAHCOM di toko aplikasi milik Apple, iTunes, game Flappy Bird kini telah hadir kembali di situs tersebut dengan nama 'Flappy Bird: New Season'.

Belum jelas apakah Flappy Bird versi ini adalah yang otentik atau hanya versi tiruan Flappy Bird seperti yang banyak beredar.

Game ini dibesut oleh pengembang dengan nama Animated Emoji dan tetap berstatus gratisan.

Untuk mengunduhnya, Anda dapat langsung sambangi tautan berikut langsung dari perangkat iOS Anda. [ikh]

Golkar Libatkan Mahasiswa Untuk Jaga TPS

Posted: 01 Apr 2014 09:50 AM PDT

INILAHCOM, Jakarta - Partai Golkar DKI Jakarta melibatkan kalangan mahasiswa sebagai saksi saat pemungutan suara dalam pemilihan legislatif yang digelar 9 April 2014, mendatang.

Menariknya, dalam merekrut saksi dari kalangan mahasiswa ini, dilakukan secara sukarela tanpa adanya bayara. "Para mahasiswa ini tidak dibayar mereka sukarela membantu Golkar," kata Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Asraf Ali saat pelatihan saksi di kantor DPD Golkar Menteng, Selasa (1/4/2014).

Menurut Asraf, nantinya saksi yang akan ditempatkan di tempat pemungutan suara (TPS) saat pemilihan legislatif, dibekali dengan laptop. Sehingga data penghitungan disetiap TPS dapat langsung masuk ke data yang dimiliki Golkar.

Saat ditanya berapa target Golkar di ibukota, dirinya mengatakan, kalau partainya menargetkan dua digit atau di atas 15 persen suara. "Karena dengan suara 15 persen, Golkar bisa memperjuangkan APBD pro rakyat," ucapnya.

Ia menjamin jika tembus 15 persen, maka Golkar akan memperkuat dan menambah anggaran Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Kartu Jakarta Sehat (KJS). "Kita konsen melakukan kesejahteraan warga DKI," tambah Asraf.

Sementara salahseorang mahasiswa yang mengikuti pelatihan saksi, bernama Andi (20) menyatakan, dirinya rela menjadi saksi di TPS karena Golkar saat ini berbeda dengan dulu. "Kalau sekarang Golkar sudah berubah dan bukan sebagai partai penguasa," ujarnya.[dit]



Posting Komentar