news.detik

0 komentar

news.detik


Ridwan Kamil dan Bupati Banyuwangi Raih Penghargaan Manusia Bintang

Posted: 22 Mar 2014 10:22 AM PDT

Minggu, 23/03/2014 00:22 WIB

Halaman 1 dari 2

Abdullah Azwar Anas (Foto: Rina/detikcom)

Jakarta - Sejumlah pimpinan daerah menyabet penghargaan Manusia Bintang yang diadakan oleh sebuah median online untuk kategori Democracy Award. Dua di antaranya adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Acara penyerahan penghargaan ini digelar di Balairung Hotel Kartika Chandra, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (22/3/2014). Ridwan yang tidak hadir dalam acara ini memperoleh penghargaan tersebut karena sepak terjangnya sejak menjadi aktivis hingga kini menjadi orang nomor satu di Kota Bandung.

Dalam keterangan pers disebutkan, pria kelahiran Bandung 4 Oktober 1971 ini mendirikan banyak komunitas sosial di masyarakat Bandung. Beberapa di antaranya Bandung Creative City Forum (BCCF), Gerakan Indonesia Berkebun, Bandung Citizen Journal dan Konsep One Village One Playground.

Di dalam membangun kota, Ridwan juga dinilai mampu membuka komunikasi publik secara langsung. Ridwan juga dikenal memiliki falsafah hidup yang dipegang teguh yakni hidup adalah <i>udunan</i>, hidup adalah kolaborasi dan kerja sama. Dengan kata lain, hidup adalah gotong royong.

Sedangkan Anas, dia dikenal sebagai pimpinan daerah yang memiliki kebijakan-kebijakan berani. Beberapa di antaranya yaitu tidak mengizinkan pembangunan mal dan dan retail modern di daerahnya. Pelarangan itu diterapkannya untuk menghindar kemacetan.

Selain itu, dia juga memberlakukan syarat IPK 3,5 bagi PNS dan pelarangan buah impor di kalangan pemerintah. Bahkan sampai menjenguk PNS yang sakit pun, buahnya harus yang lokal.

Ditemui seusai acara, Anas mengatakan bahwa perkembangan investasi di Banyuwangi saat ini naik 200 persen dari tahun 2010 yang nilai investasinya Rp 229 miliar kini telah mencapai angka Rp 3,2 triliun. Next

(sip/sip)

Punya informasi penting yang ingin Anda laporkan? Atau punya #FotoUnik? Kirim ke PASANGMATA.COM .



Sponsored Link

Wenger Cuma Ingin Cepat-cepat Lupakan Chelsea

Posted: 22 Mar 2014 10:16 AM PDT

London - Manajer Arsenal Arsene Wenger menegaskan bertanggung jawab penuh atas kekalahan telak timnya dari Chelsea. Tak mau banyak penjelasan, dia kini cuma ingin melupakan hasil buruk tersebut.

Arsenal dipecundangi 0-6 kala berkunjung ke Stamford Bridge, Sabtu (22/3/2014) malam WIB. Samuel Eto'o, Andre Schuerrle, Eden Hazard, Oscar (2 gol), dan Mohamed Salah bergantian menjebol gawang Wojciech Szczesny.

Pada laga ini, The Gunners tercatat melakukan banyak kesalahan individual. Whoscored mencatat empat dari enam gol Chelsea merupakan buah dari kesalahan pemain, di antaranya oleh Tomas Rosicky, Santi Cazorla, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Szczesny.

Tapi Wenger tampaknya cuma ingin melupakan cepat-cepat laga ini dengan menolak membahas lebih lanjut kekalahan timnya. Manajer asal Prancis itu kini mau fokus ke pertandingan berikutnya melawan Swansea City, Rabu (26/3/2014) dinihari WIB.

"Kekalahan ini adalah kesalahan saya, saya mengambil alih penuh tanggung jawab atas ini. Saya pikir tidak perlu ada banyak penjelasan terkait kesalahan-kesalahan yang kami buat," katanya di BBC.

"Kami mendapatkan kekalahan yang bagus hari ini. Sekarang yang utama adalah bagaimana kami merespons pada Selasa malam (waktu setempat) dan cara terbaik adalah tidak terlalu banyak menjelaskan kesalahan-kesalahan hari ini," tandas manajer kelahiran Strasbourg ini.

Kekalahan ini menjadi hadiah pahit untuk Wenger yang melakoni laga ke-1.000 di pertandingan tadi. Selain itu, hasil negatif ini membuat 'Meriam London' tertinggal dalam perburuan titel Premier League musim ini.

Mereka sementara menempati posisi empat klasemen dengan nilai 62 dari 30 pertandingan. Di depannya berturut-turut Chelsea di pos terdepan (69 poin dari 31 laga), diikuti Liverpool (65 poin dari 30 laga), dan Manchester City (63 poin dari 28 laga).

(raw/cas)

Aktivitas Gunung Slamet Mengalami Peningkatan

Posted: 22 Mar 2014 10:04 AM PDT

Minggu, 23/03/2014 00:02 WIB

Gunung Slamet (ilustrasi)

Jakarta - Aktivitas vulkanik Gunung Slamet mengalami kenaikan sejak 2 hari belakangan ini. Status gunung di Provinsi Jawa Tengah itu berada di level 2 atau di level waspada.

"Aktivitas Gunung Slamet memang naik, ini dari indikator tremor dan gempa vulkanik," ujar humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, kepada detikcom, Minggu (23/3/2014), dini hari.

Sutopo menambahkan, saat ini tidak diperbolehkan adanya kegiatan warga dalam radius 2 kilometer. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan 5 BPBD di 5 kabupaten yang berada di sekitaran Gunung Slamet.

"Jika meletus diperkirakan tidak berbahaya karena dapur magmanya dangkal sehinggal tidak eksplosif. Jika meletus hanya hujan abu dan lelehan lava pijar saja," ujarnya.

Dia mengatakan BNPB juga akan terus melakukan pemantauan perkembangan gunung itu.

"Kita telah menyiapkan antisipasinya," pungkasnya.

(rvk/sip)

Punya informasi penting yang ingin Anda laporkan? Atau punya #FotoUnik? Kirim ke PASANGMATA.COM .



Sponsored Link

Hat-trick Suarez Antar Liverpool Tundukkan Cardiff 6-3

Posted: 22 Mar 2014 10:01 AM PDT

Cardiff - Liverpool pulang dengan membawa angka penuh dari lawatannya ke Cardiff City. Sempat dua kali tertinggal, The Reds berbalik unggul 6-3 di mana Luis Suarez menorehkan hat-trick.

Pada laga di Cardiff City Stadium, Sabtu (22/3/2014) malam WIB, Liverpool dua kali tertinggal lewat gol Jordon Mutch dan Fraizer Campbell. Luis Suarez dan Martin Skrtel lantas membawa timnya menyeimbangkan skor di masa turun minum.

Di babak kedua, Suarez berhasil menambah dua gol lagi sementara Skrtel dan Daniel Sturridge turut mencatatkan nama di papan skor. Kubu tuan rumah lantas menambah satu gol di babak ini untuk memperkecil kedudukan.

Dengan kemenangan ini, Liverpool mengukuhkan diri di posisi dua klasemen dengan nilai 65 dari 30 laga. Mereka tertinggal empat poin dari Chelsea di puncak klasemen. Sedangkan Cardiff masih terjebak di zona degradasi dengan nilai 25 dari 31 pertandingan.

Jalannya Pertandingan

Empat menit berjalan, Liverpool mendapatkan tekanan. Kevin The;ophile-Catherine menerima umpan sepak pojok di sisi kanan dan mengarahkan bola ke tengah, di mana disambut oleh Fraizer Campbell. Setelah mengontrol bola, Campbell melakukan sepakan voli tapi melambung jauh di atas mistar.

Lima menit berselang, gawang Liverpool bergetar. Diawali kesalahan umpan Allen di sisi kiri pertahanan, bola lantas diserobot Campbell. Dari sisi kanan, Campbell mengumpan ke Mutch di depan kotak penalti yang kemudian melepaskan sepakan mendatar ke pojok kiri bawah gawang. Simon Mignolet terpaku di tempat.Next

(raw/mrp)

Toure Hat-trick, City Gunduli Fulham 5-0

Posted: 22 Mar 2014 09:52 AM PDT

Manchester - Manchester City menghajar Fulham dengan skor telak 5-0 dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Yaya Toure menjadi bintang The Citizens lewat hat-trick yang dibuatnya.

Menjamu Fulham di Etihad Stadium, Sabtu (22/3/2014), City tak diperkuat sejumlah pemain intinya. Vincent Kompany sedang menjalani hukuman, sementara Kun Aguero dan Edin Dzeko tidak fit.

Meski begitu, City tetap terlalu tangguh untuk Fulham. Tim tuan rumah memimpin 1-0 ketika turun minum lewat penalti Toure.

Pada paruh kedua, City mencetak empat gol tambahan. Toure mencetak dua gol lagi, sedangkan Fernandinho dan Martin Demichelis masing-masing membuat satu gol.

Tambahan tiga angka mengangkat posisi City ke peringkat ketiga klasemen sementara dengan 63 poin dari 28 pertandingan. Meski tertinggal enam angka dari Chelsea yang berada di puncak, City masih punya tiga laga di tangan. Sementara itu, Fulham tak beranjak dari dasar klasemen dengan 24 poin.

Jalannya Pertandingan

City tampil sangat dominan pada 15 menit pertama. Mereka memaksa Fulham bermain setengah lapangan. Tapi, karena nyaris tak ada peluang yang tercipta, pertandingan pun cenderung membosankan.

City baru mendapatkan peluang bagus pada menit ke-17. James Milner melepaskan tembakan keras yang mengarah ke gawang, tapi bisa dimentahkan oleh kiper David Stockdale.

Tim tamu membahayakan gawang City enam menit kemudian melalui usaha Kieran Richardson. Namun, sepakan Richardson masih sedikit melebar.

Wasit menunjuk titik putih pada menit ke-26 setelah melihat Alvaro Negredo dilanggar Fernando Amorebieta di kotak penalti Fulham. Hadiah penalti untuk City. Toure yang menjadi eksekutor sukses mengelabui Stockdale dan membawa City memimpin 1-0.

Fulham punya kesempatan untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-32. Tapi, sundulan Sascha Riether meneruskan umpan silang Richardson masih melenceng.

Memasuki menit ke-37, David Silva nyaris menggandakan keunggulan City. Dia sudah menaklukkan Stockdale dan bola tembakannya sudah menuju ke gawang. Tapi, masih ada Amorebieta yang menghalau bola di garis gawang.

Berselang tujuh menit, gantian Aleksandar Kolarov yang nyaris bikin gol. Dia menyambut operan Milner dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Tapi, tembakannya cuma menghantam mistar.

Delapan menit setelah babak kedua dimulai, wasit kembali memberi hadiah penalti untuk City. Kali ini penyebabnya adalah pelanggaran Amorebieta terhadap Silva. Amorebieta juga harus meninggalkan lapangan karena mendapatkan kartu kuning kedua.

Toure sekali lagi mendapatkan kepercayaan untuk mengeksekusi penalti. Dia dengan tenang menjalankan tugasnya dan berhasil memasukkan bola ke dalam gawang. City 2, Fulham 0.

Milner berpeluang membawa City unggul lebih banyak pada menit ke-61, tapi sepakannya melayang di atas mistar. Beberapa menit kemudian, tendangan mendatar Kolarov masih melenceng.

City benar-benar unggul 3-0 pada menit ke-65. Dari situasi tendangan bebas, Toure yang mendapatkan operan dari Samir Nasri melepaskan tembakan keras spektakuler dari luar kotak penalti. Bola menembus gawang Fulham tanpa bisa dijangkau Stockdale.

Sudah unggul tiga gol tak membuat City mengendurkan serangan. Mereka mendapatkan kesempatan lagi pada menit ke-72, namun tendangan kaki kiri Kolarov dihentikan Stockdale.

Peluang lainnya untuk City datang pada menit ke-78. Demichelis menanduk bola hasil tendangan sudut, tapi bisa dihalau Riether di garis gawang.

City mengubah skor menjadi 4-0 pada menit ke-85. Mendapatkan umpan dari Milner, Fernandinho menusuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan keras ke tiang dekat. Tembakan gelandang asal Brasil itu merobek gawang Fulham.

Kemenangan City akhirnya disempurnakan oleh Demichelis tiga menit kemudian. Berawal dari tembakan Stevan Jovetic yang ditepis Stockdale, Demichelis dengan mudah mencocor bola ke gawang kosong.

Susunan Pemain
Manchester City: Hart, Zabaleta, Demichelis, Lescott, Kolarov, Fernandinho, Toure (Rodwell 77'), Silva (Navas 68'), Nasri (Jovetic 81'), Milner, Negredo

Fulham: Stockdale, Heitinga, Amorebieta, Hangeland, Riether, Sidwell, Kvist Jorgensen, Kacaniklic (Roberts 56'), Richardson (Holtby 55'), Riise, Woodrow (Kasami 84')

(mfi/raw)

Dortmund Tekuk Hannover 3-0

Posted: 22 Mar 2014 09:48 AM PDT

Hannover - Borussia Dortmund mampu bangkit usai menuai dua kali kekalahan beruntun. Die Borussen menang telak 3-0 saat dijamu oleh Hannover 96 di lanjutan Liga Jerman.

Saat melakukan lawatan ke AWD-Arena, Sabtu (22/3/2014) malam WIB, Dortmund dibayang-bayangi tren buruk. Mereka baru saja kalah saat melawan
Borussia Moenchengladbach di Bundesliga, dan Zenit St Petersburg di Liga Champions.

Kendati demikian, Dortmund malah bisa bangkit saat melakoni laga lawatan ke markas Hannover. Saat babak pertama laga, mereka unggul satu gol lewat gol yang dicetak oleh Mats Hummels.

Gol yang dicetak pada menit 43 itu, berawal dari umpan tendangan sudut Sokratis. Hummels bisa mengirim bola masuk ke gawang dengan sontekan kaki kirinya.

Henrik Mkhitaryan dengan jeli mengirimkan umpan untuk Lewandowski yang berdiri di dekat titik penalti Hannover, yang lantas melepaskan sepakan kaki kanan yang masuk ke dalam gawang. Dortmund pun unggul 2-0.

Di masa injury time, Marco Reus menambah gol buat Dortmund. Mkhitaryan kembali menjadi otak gol ketiga tim besutan Juergen Klopp ini deng bola terobosan yang bisa dikonversi oleh Reus menjadi gol.

Dengan hasil ini, Dortmund tetap ada di posisi dua klasemen dengan raihan 51 poin hasil 26 kali bermain. Sementara itu, Hannover ada di posisi sebelas dengan koleksi 29 poin.

Susunan Pemain:

Hannover: Zieler, Sakai, Hoffmann, Pocognoli, Schulz, Sane (Ya Konan 59), Prib (Schlaudraff 73), Schmiedebach, Stindl, Huszti, Bittencourt

Dortmund: Weidenfeller, Hummels, Papastathopoulos, Piszczek, Durm, Hofmann (Reus 68), Mkhitaryan, Sahin (Kehl 66), Grosskreutz, Kirch, Lewandowski (Schieber 84)

(cas/mfi)


Posting Komentar