Inilah.com - Terkini

0 komentar

Inilah.com - Terkini


Salah Kartu Merah, Bisakah Arsenal Banding?

Posted: 22 Mar 2014 10:15 AM PDT

INILAHCOM, London - Arsenal bisa melakukan banding kepada Asosiasi Sepak bola Inggris (FA) atas kesalahan kartu merah yang dikeluarkan wasit saat menghadapi Chelsea.

Dalam pertandingan kontra Chelsea, Sabtu (22/3/2014) malam WIB di Stamford Bridge, wasit Andre Marriner memberikan kartu merah kepada Kieran Gibbs. Seharusnya, kartu merah diberikan kepada Alex Oxlade-Chamberlain yang menyentuh bola di kotak penalti.

Marriner tidak melihat dengan jelas Chamberlain menyentuh bola di kotak penalti. Setelah konsultasi dengan hakim garis, wasit berusia 43 tahun itu memberikan penalti untuk Chelsea dan mengeluarkan kartu merah kepada Gibbs, bukan Chamberlain.

Atas kesalahan tersebut, FA mengonfirmasi bahwa Arsenal bisa melakukan banding jika merasa tidak puas.

"Klub bisa melakukan banding atas kesalahan identitas pemain kepada FA meskipun FA secara proaktif bisa menganalisa sendiri kejadian tersebut," kicau FA di akun Twitter resminya, @FA, dilansir Sky Sports.

Besar kemungkinan banding Arsenal diterima FA karena kejadian serupa pernah terjadi di League One atau dua kasta di bawah Liga Primer Inggris bulan November lalu saat pertandingan antara Preston dan Port Vale.

Penyerang Port Vale, Joe Garner akhirnya mendapat hukuman larangan tiga bertanding setelah sebelumnya wasit salah memberikan kartu merah kepada Neil Kilkenny.

Latihan Fisik Persib Berpatokan ke Tim Eropa

Posted: 22 Mar 2014 10:04 AM PDT

INILAH, Bandung – Pelatih fisik Persib Yaya Sunarya menggangap tim di Liga Champions Eropa menjadi referensi untuk mempelajari ilmu kepelatihan.

Dikatakan Yaya, di era sepak bola modern ini pelatih fisik sepak bola, harus memiliki kualifikasi lebih spesifik. Oleh karenanya, dia merujuk pada pelatih fisik para jawara tim di Benua Biru dalam pengaplikasian program latihan fisik dalam sepak bola.

"Biasanya kita berkiblat perkembangan sepak bola pada tim yang sudah maju, misalnya kalau kita ambil contoh dari liga champion biasanya tim terbaik, kita berkiblat ke sana. Mereka berbagi ilmu perkembangan sepak bola modern, yaitu latihan kondisi fisik dengan bola," terang Yaya.

Yaya menuturkan kesempatan pelatih Djadjang Nurdjaman bisa menyambangi Manchester United lalu sangat diperlukan bagi para insan sepak bola di Indonesia. Khususnya untuk bisa melihat lebih jauh metode latihan di negara Eropa.

Masih menurut Yaya, berdasakan informasi dari coach Djadjang pola latihan di Inggris tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Adanya teknologi internet memudahkan untuk pembelajar.

Sarana dan prasaran yang menjadi salah satu perbedaan. Namun baginya hal itu jangan sampai dijadikan alasan untuk seorang pelatih tidak bisa berfikir kreatif.

"Kalau sarana dan prasarana seperti Pak Djadjang kemarin ke MU itu harus disesuaikan, alat bisa kita berdayakan kalau ada, tapi kalau nggak ada bukan berarti kita nggak bisa open idea, masih bisa disiasati," tutupnya. [ito]

Mourinho: Pertandingan Berakhir di Menit Ketujuh!

Posted: 22 Mar 2014 10:02 AM PDT

INILAHCOM, London - Pelatih Chelsea, Jose Mourinho mengatakan kalau timnya sudah meraih tiga poin dari Arsenal dalam lanjutan Liga Primer Inggris sejak menit ketujuh.

Klub yang dijuluki The Blues itu meraih kemenangan telak dengan skor 6-0 atas Arsenal di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (22/3/2014) malam WIB.

Enam gol Chelsea dicetak oleh Samue Eto'o menit kelima, Andre Schurrle menit ketujuh, Eden Hazard menit ke-17, Oscar (menit ke-42 dan 66), dan Mohamed Salah di menit ke-71.

"Saat kedudukan 2-0 di menit ketujuh, permainan sudah berakhir. Sepeluh menit kemudian, ada kartu merah (untuk pemain Arsenal) dan kami mendapat penalti," ucap Mourinho, dikutip dari BBC.

Di laga tersebut, wasit Andre Marriner salah mengambil keputusan dalam memberikan kartu merah untuk pemain Arsenal. Pada menit ke-15, Alex Oxlade-Chamberlain menahan bola tendangan Eden Hazard dengan tangannya di dalam kotak penalti Arsenal. Tapi anehnya, wasit malah memberikan kartu merah untuk Kieran Gibbs.

"Ada banyak orang di dalam kotak penalti, Hazard melepaskan tendangan, kami melihat ada satu orang yang menyentuh (bola) dengan tangannya. Dari bangku cadangan, kami tidak bisa melihat siapa itu," imbuh peracik formasi berkebangsaan Portugal tersebut.

"Jelas kalau itu adalah penalti dan kartu merah. Sayangnya, pemain (Arsenal) yang lain datang. Bahkan, hakim garis tidak bisa membantu wasit mengambil keputusan yang tepat," tegas Mourinho.

Kemenangan itu membuat tim asuhan Jose Mourinho kian kokoh di puncak klasemen Liga Inggris dengan 69 poin. Sementara Arsenal mengemas 62 poin.

Suarez Hatrik, Liverpool Bungkam Cardiff

Posted: 22 Mar 2014 09:55 AM PDT

INILAHCOM, Cardiff - Liverpool pesta gol ke gawang Cardif. Tim besutan Brendan Rodgers itu menang dengan skor telak 6-3 setelah sempat dua kali tertinggal terlebih dulu.

Liverpool menghadapi Cardiff di Cardiff City Stadium, Sabtu (22/3/2014) malam WIB dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Tiga gol Cardiff dicetak Jordon Mutch (2) dan Fraizer Campbell sementara Liverpool mencetak enam gol melalui Luis Suarez (3), Martin Skrtel (2) dan Daniel Sturridge.

Liverpool tetap mengandalkan duet SAS, Sturridge dan Suarez didukung Philippe Coutinho dan Steven Gerrard. Sementara itu, Cardiff menurunkan Frazier Campbell dan Craig Bellamy sebagai juru gedor.

Jalannya pertandingan

Cardiff memberikan kejutan kepada Liverpool dengan mencetak gol cukup cepat di menit kesembilan. Memanfaatkan umpan pendek Campbell di sisi kiri pertahanan The Reds, sepakan kaki kiri Mutch bersarang di pojok kanan gawang. Skor berubah 1-0.

Tak butuh waktu lama, The Reds menyamakan kedudukan di menit ke-16. Memanfaatkan umpan silang mendatar Johnson, Suarez dengan mudah menyontek bola di depan gawang. Skor 1-1.

Menit ke-24, tim tuan rumah nyaris kembali unggul. Umpan silang Bellamy dari sayap kanan berhasil ditanduk Campbell. Sayang arahnya masih melambung di atas mistar.

Satu menit kemudian, Campbell tak lagi membuat kesempatan mencetak gol. Menerima umpan terobosan dari tengah, mantan pemain Manchester United ini berada di dalam kotak penalti Liverpool. Berhasil mengecoh Daniel Agger, sepakan kaki kiri Campbell tak mampu dibendung kiper Simon Mignolet. Skor kembali berubah 2-1.

Liverpool meningkatkan intensitas serangan demi mencetak gol penyeimbang. Dua peluang di menit ke-30 dan 34 melalui sepakan jarak jauh Coutinho dan Allen tak ada yang menemui sasaran.

Kerja keras Liverpool akhirnya membuahkan hasil di menit ke-41. Umpan silang Coutinho dari sayap kanan disontek Skrtel menggunakan kaki kirinya dan tak mampu dibendung kiper Cardiff, Marshall. Skor 2-2 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, untuk kali pertama di pertandingan ini Liverpool berhasil unggul. Tandukan Skrtel di menit ke-54 memanfaatkan sepak pojok Gerrard bersarang di kanan gawang Cardiff. Skor 3-2.

Satu menit berselang, sepakan kaki kiri Sturridge dari sisi kiri dalam kotak penalti hanya tipis di kanan gawang.

Liverpool mampu mencetak gol keempat di menit ke-60. Umpan tumit Sturridge di dalam kotak penalti disambut sepakan keras kaki kiri Suarez. Papan skor kembali berubah 4-2.

Tak puas dengan empat gol, The Reds kembali mencetak gol kelima di menit ke-75. Umpan terukur Suarez dari dalam kotak penalti membuat Sturidge dengan mudah menceploskan bola di mulut gawang.

Suarez nyaris mencetak hatrik di menti ke-83. Memanfaatkan sepak pojok Gerrard, sundulan pemain asal Uruguay itu masih melambung di atas mistar gawang.

Cardiff memperkecil kedudukan di menit ke-88 melalui sundulan Mutch setelah memanfaatkan bola pantul Jones di kotak penalti.

Suarez berhasil mencetak hatrik di menit ke-90+5. Tinggal berhadapan dengan kiper, mantan pemain Ajax itu dengan mudah menjebol gawang Cardiff.

Skor 6-3 bertahan hingga laga berakhir. Kemenangan ini membuat Liverpool tetap di peringkat dua dengan 65 poin sementara Cardiff di peringkat 19 dengan 25 poin.

Susunan pemain:

Cardiff: Marshall; Theophile-Catherine, Caulker, Cala, John; Fabio, Medel, Kim (Wilfried Zaha 65'), Mutch, Bellamy (Kenwyne Jones 70'); Campbell. Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Liverpool: Simon Mignolet; Glen Johnson, John Flanagan (Aly Cissokho 73'), Daniel Agger, Martin Skrtel; Steven Gerrard, Joe Allen, Jordan Henderson, Philippe Coutinho (Raheem Sterling 68'); Luis Suarez, Daniel Sturridge (Mamadou Sakho 92'). Pelatih: Brendan Rodgers

Kampanye Terbuka Caleg Dihadiri Kader Partai Lain

Posted: 22 Mar 2014 09:55 AM PDT

INILAHCOM, Jakarta - Kampanye terbuka calon legislatif (Caleg) Golkar dihadiri tokoh masyarakat yang merupakan kader partai lain. Menariknya, kedatangan mereka bukan membuat onar, melainkan memberikan dukungan terhadap caleg yang berasal dari partai lain.

Seperti yang terlihat dalam Kampanye Hari ke 2 caleg asal Golkar untuk DPRD DKI, Ashraf Ali, dengan daerah pemilihan (Dapil) 7 di lapangan Tangkuban Perahu, Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu (22/3/2014).

Dalam kampanye terbuka itu, hadir beberapa tokoh masyarakat yang bukan berasal dari kader Golkar. Mereka pun naik ke atas panggung menyatakan dukungannya terhadap Ashraf Ali atau Bang Asli dalam Pileg yang digelar 9 April mendatang.

Salah seorang warga Karet, Haji Somad mengaku kader dari partai lain. Namun dirinya akan mendukung Bang Asli dalam Pileg mendatang.

"Saya mendukung Bang Asli ini karena saya kenal betul sosok beliau yang ringan tangan membantu orang serta akrab sama semua orang tanpa melihat perbedaan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA). Jadi dukungan saya ke Bang Ashraf ini murni hubungan pribadi bukan partai," kata Somad.

Dukungan serupa juga diucapkan beberapa ketua RT se Kecamatan Setiabudi.

"Terus terang, saya sudah kumpukan 117 tanda tangan dari warga saya yang isinya siap mencoblos Bang Asli pada Pileg 9 April mendatang. Alasannya, karena warga saya telah merasakan langsung kebaikan Bang Asli selama ini," ujar Yanto, Ketua RT 001/03 Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Adi Nur Febriadi, anggota Tim Sukse Sahabat Bang Asli yang juga Sekretaris Partai Golkar Kecamatan Setiabudi menjelaskan hingga saat ini pihaknya sudah mencatat sekitar 12.000 pemilih yang sudah masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPUD DKI, secara spontan membuat tanda tangan akan mencoblos Bang Asli.

Adi yakin dengan waktu yang tersisa beberapa hari lagi, perolehan suara yang mencoblos Bang Asli akan bisa melampaui bilangan pembagi pemilih (BPP).

Sementara itu, Ashraf Ali mengatakan, apa yang dilakukan selama ini untuk membantu masyarakat merupakan ibadah. Dan sifat membantu orang lain itu sudah menjadi sifat bawaan lahirnya.

"Ini hanya kebetulan saja kampanye. Kalau soal membantu masyarakat itu, sudah lama saya lakukan, namun tidak terekpose media. Memang itulah sifat saya sejak lahir, membantu orang lain tanpa pandang bulu," ucapnya seraya mengaku ia lahir dan besar di Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta Selatan.[dit]

Sikat Fulham, City Geser Posisi Arsenal

Posted: 22 Mar 2014 09:52 AM PDT

INILAHCOM, Manchester - Manchester City meraih tiga poin setelah membungkam Fulham dengan skor 5-0. Kemenangan itu membuat City menggeser posisi Arsenal di papan klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Lima gol The Citizen dicetak oleh dua pemain gelandang dan satu pemain bertahan, yakni Yaya Toure (tiga gol), Fernandinho dan Martin Demichelis.

Kemenangan itu membuat City sukses menggeser Arsenal di posisi ketiga. Saat ini, City mengemas 63 poin, unggul satu angka dari Arsenal. Sementara Fulham kian terpuruk di dasar klasemen Liga Primer Inggris.

Bermain di Stadion Etihad, Sabtu (22/3/2014) malam WIB, pelatih City, Manuel Pellegrini menempatkan Alvaro Negredo sebagai penyerang tunggal. David Silva dan Yaya Toure akan menjadi 'pelayan' bagi Negredo.

Sedangkan Fulham memainkan formasi 4-5-1 dengan menempatkan Cauley Woodrow sebagai penyerang tunggal.

Jalannya pertandingan

Pada sepuluh menit pertama, kedua tim masih kesulitan mencari peluang. Kedua kesebelasan hanya masih mencari celah untuk mengancam gawang lawannya.

Pada menit ke-15, City mendapat peluang pertamanya. Zabaleta melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti Fulham. Sayang usahanya bisa ditepis oleh kiper Fulham, Stockdale.

Delapan menit kemudian, Fulham memperoleh peluang pertamanya di menit ke-23. Richardson melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti. Sayang, bola hasil sepakannya melebar di sebelah kanan gawang Joe Hart.

City akhirnya bisa mencetak gol di menit ke-26 melalui tendangan penalti Yaya Toure. Dia mengirim bola ke pojok kanan bawah gawang Fulham, sementara Stickdale bergerak ke arah kiri.

Penalti itu didapat setelah pemain bertahan Fulham, Fernando Amorebieta melakukan tekel keras kepada Negredo di dalam kotak penalti.

Memasuki menit ke-32, Richardson melepaskan umpan silang lambung. Bola langsung disundul oleh Sascha Riether. Namun usahanya masih melebar di sebelah kanan gawang Joe Hart.

City memperoleh peluang bagus untuk menambah gol di menit ke-37. Silva melepaskan tendangan kaki kiri dari sisi kiri kotak penalti Fulham. Sayang, usahanya bisa dimentahkan oleh Stocklade.

Tiga menit berselang, Richardson melepaskan umpan lambung setelah mengeksekusi tendangan sudut. Bola disundul oleh Amorebieta. Tapi usahanya masih melambung tinggi di atas gawang Joe Hart.

Hingga wasit Jon Moss meniup peluit panjang di babak pertama, Citizen unggul 1-0 atas Fulham.

Di awal babak kedua, baik City atau Fulham masih bermain lambat. Kedua kesebelasan masih mencari celah untuk melancarkan serangan.

City berhasil menggandakan keunggulannya pada menit ke-54. Yaya Toure kembali menceploskan bola ke gawang Stockdale dari titik putih. Penalti itu didapat setelah Amorebieta melanggar Silva di kotak terlarang. Amorebieta pun harus menerima kartu merah dari sang pengadil lapangan.

Tujuh menit berselang, Milner melepaskan tendangan kaki kiri dari jarak jauh. Namun usahanya masih melambung di atas gawang Stockdale.

Aleksandar Kolarov kali ini unjuk kebolehan di menit ke-63. Dia melepaskan tendangan kaki kiti dari jarak jauh. Sayang, bola melebar di sebelah kanan gawang Fulham.

Yaya Toure kembali mencatatkan namannya di papan skor. Pada menit ke-65, dia melepaskan tendangan kaki kanan dari jarak jauh. Tendangan gelandang asal Pantai Gading itu tidak bisa diantisipasi oleh Stockdale.

Menit ke-72, Kolarov kembali menebar ancaman. Tendangan kaki kanannya dari jarak jauh hanya melambung tipis di atas gawang Stockdale.

Lima menit kemudian, City kembali memperoleh peluang. Berawal dari umpan silang lambung Nasri dari sisi kanan pertahanan Fulham. Bola disambar oleh Demichelis dengan kepalanya. Tapi Stockdale berhasil menangkap bola.

City mencetak gol keempat pada menit ke-85. Sepakan keras kaki kanan Fernandinho dari dalam kotak penalti Fulham tak mampu dihentikan oleh Stockdale.

Hingga bubaran, City meraih kemenangan dengan skor 5-0.

Susunan pemain
Manchester City:
Joe Hart; Pablo Zabaleta, Joleon Lescott, Aleksandar Kolarov, Martin Demichelis; James Milner, Samir Nasri (Stevan Jovetic '81), David Silva (Jesus Navas '68), Fernandinho, Yaya Toure; Alvaro Negredo

Fulham: David Stockdale; John Heitinga, Brede Hangeland Sascha Riether, Fernando Amorebieta; John Arne Riise, William Kvist, Steve Sidwell, Alexander Kacaniklic, Kieran Richardson (Lewis Holtby '55); Cauley Woodrow (Pajtim Kasami '84)



Posting Komentar