Inilah.com - Terkini

0 komentar

Inilah.com - Terkini


Rekor Olympiakos di Ranah Inggris Buruk

Posted: 19 Mar 2014 11:03 AM PDT

INILAHCOM, Manchester - Olympiakos memiliki rekor buruk ketika bermain di ranah Inggris. Meski demikian, mereka yakin kali ini bisa mematahkan rekor tersebut.

Olympiakos akan menghadapi Manchester United di Old Trafford dinihari WIB dalam leg kedua 16 besar Liga Champions. Dalam tujuh kunjungan ke Inggris, klub asal Yunani itu tak pernah menang dan setidaknya kebobolan dua gol.

Sebaliknya, rekor MU menghadapi klub asal Yunani sangat sempurna. Dari empat kali pertandingan di Old Trafford, Setan Merah menyapu bersih semua laga dengan mencetak 15 gol dan hanya kebobolan satu gol.

Di laga nanti, MU harus mencetak tiga gol tanpa balas untuk bisa lolos ke perempatfinal. Dilihat dari catatan sejarah, mereka bisa melakukannya. Namun, kiper Olympiakos, Roberto optimistis timnya yang akan lolos ke perempatfinal.

"Old Trafford stadion yang impresif, tapi kami sangat termotivasi menjalani laga ini. Target kami adalah bertahan di Liga Champions. Jika kami bisa mencuri satu gol, saya yakin kami akan lolos," ujarnya, dilansir Sky Sports.

"Kekalahan atas Liverpool membuat mereka terluka, tapi itu juga bisa membahayakan karena mungkin saja mereka bangkit dan bereaksi. Tekanan ada di pihak mereka dan kami akan memanfaatkan situasi itu," ia menandaskan.

Pemimpin 2014 Harus Bebas Dari Dosa Orba

Posted: 19 Mar 2014 11:00 AM PDT

INILAHCOM, Jakarta - Aktivis 1998 menegaskan pemimpin mendatang harus bebas dari dosa politik Orde Baru (Orba). Partai Golkar juga harus melepaskan nama Soeharto, dan tidak menjual nama presiden ke-2 RI itu dalam kampanye.

Aktivis yang tergabung dalam generasi 98 (Gen 98) itu mengingatkan, pada masa Soeharto korupsi juga merajalela dan banyak terjadi pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

"Budaya korupsi tumbuh berkembang di masa Soeharto. Bedanya dengan saat ini, korupsi di masa Soeharto sentralistis, otoriter digunakan untuk melanggengkan kekuasaan dan kekayaan," tandas Ismet Matahari yang mengaku perwakilan Gen 98 kepada INILAHCOM, Rabu (19/3/2014).

Menurut dia, setiap partai dapat menjual tokoh apapun dalam berkampanye termasuk Golkar yang menjual nama Soeharto. "Namun, bagi kami, pemimpin nanti selayaknya bebas dari dosa politik Orde Baru," kata Ismet.

Sebagaimana diberitakan, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie atau ARB menjual nama Soeharto dalam kampanyenya. ARB menyebut Golkar menjadi satu-satunya partai yang mampu memimpin dan mensejahterakan Indonesia selama 32 tahun.

Partai Golkar, kata ARB, telah banyak memberikan sumbangsih bagi perjalanan bangsa Indonesia. Era Soeharto, akan kembali terulang jika Golkar kembali dipercaya untuk memimpin nanti.

Membawa kejayaan Orba bukan hal baru bagi Golkar. ARB juga pernah mengatakan kalau banyaknya stiker atau poster yang mengangkat foto Soeharto dengan tagline "Enak Zamanku Toh" adalah bukti publik rindu era Soeharto. [yeh]

Terpilih Jadi Komite Tetap Urusan PBB

Posted: 19 Mar 2014 10:49 AM PDT

INILAH.COM, Jakarta - Citra DPR RI di Tanah Air boleh saja dipersepsikan buruk. Namun, kenyataannya, DPR di mata Internasional tidak bisa dipandang sebelah mata. Itu pula yang terjadi pada diri Arif Budimanta, politikus PDI Perjuangan yang juga anggota Komisi XI DPR RI ini.

Arif Budimanta terpilih sebagai Komite Tetap Urusan PBB dalam sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) yang ke-130 di Jenewa, Swiss 17-20 Maret 2014. "Adalah suatu kehormatan bisa dipercaya rekan-rekan anggota parlemen dari berbagai negara untuk duduk sebagai standing committee on UN Affairs," kata Arif dalam surat elektronik yang diterima INILAH.COM, Rabu (19/3/2014).

Sidang yang mengangkat tema "Renewing our commitment to peace and democracy" ini diikuti oleh delegasi dari Indonesia yang berasal dari anggota DPR dan DPD RI. Arif mengatakan pihaknya akan mendorong kerjasama yang kuat antara parlemen dan PBB. "Kita akan mendorong kerjasama yang kuat antara parlemen dengan United Nation," tambah Arif.

Terdapat dua hal yang akan dilakukan Arif. Ia akan memanfaatkan untuk menggalang dukungan terhadap perlunya reformasi PBB yang lebih adil dan setara. "Mendorong pemerintah agar lebih serius melaksanakan pembangunan yang berkualitas berkeadilan dan berkelanjutan sebagaimana komitmen Indonesia dalam post development agenda 2015," kata Arif.

Arif akan duduk sebagai anggota Komite Tetap Urusan PBB hingga 2016 mendatang. Selain Indonesia, beberapa anggota parlemen dari negara lain juga telah terpilih sebagai anggota Standing Committee ini adalah anggota parlemen dari Aljazair, UAE, Thailand, Rusia, Meksiko, Nicaragua, Bangladesh dan Kanada. [mdr]

"Madrid Akan Menang di Laga El Clasico"

Posted: 19 Mar 2014 10:31 AM PDT

INILAHCOM, Madrid - Lolos dari babak 16 besar Liga Champions Eropa, winger Real Madrid tak mempersalahkan siapapun yang akan jadi lawan mereka di babak perempatfinal.

El Real dengan mudah melewati hadangan tim asal Bundesliga Schalke 04 dengan agregate 9-2. Menang telak di leg pertama 6-1, Los Blancos kembali menekuk The Royal Blues dengan skor 3-1 di leg kedua, Rabu dini hari (19/3/2014) WIB.

"Saya pikir setiap tim di babak perempatfinal adalah tim baik, sangat kuat dan setingkat dengan tim kami," jelas pemain 24 tahun itu kepada skysport.

"Saya tak yakin siapa yang difavoritkan saat ini. Kami akan melihat hasil undian dan siap menghapinya," ia melanjutkan.

Akan menghadapi Barcelona di laga El Clasico akhir pekan ini, mantan pemain Tottenham Hotspur itu menyebut timnya tengah berada dalam kepercayaan tinggi menyusul hasil impresif di kancah Eropa.

Lebi jauh, Bale menambahkan, timnya mematok tiga angka untuk mendekatkan timnya ke tangga juara La Liga Spanyol musim ini.

"Saya pikir kepercayaan diri adalah hal besar. Tim bermain baik dan setiap hal datang bersamaan bagi seluruh tim."

"Barcelona adalah rival abadi dan kami akan mencoba untuk menunjukan permainan terbaik dan meraih tiga angka. Mereka memiliki pemain hebat tapi kami akan fokus dengan permainan kami dan tim kami juga memiliki pemain yang hebat," ia memungkasi.

Madrid masih berada di puncak klasemen sementara unggul tiga angka dari Barcelona di posisi ketiga yang mengumpulkan nilai 66.

Pelabuhan Gilimanuk Diharapkan Tambah Dermaga

Posted: 19 Mar 2014 10:25 AM PDT

INILAHCOM, Jembrana - Sebagai pintu gerbang masuk Bali, volume arus penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Gilimanuk Bali selalu mengalami peningkatan.

Terkait hal ini, dipandang perlu ada penambahan dermaga dan jembatan penumpang untuk memperlancar arus kendaraan maupun penumpang.

Menurut ahli infrastruktur berat asal Bali, Anak Agung Putu Ngurah Wirawan yang berkunjung ke Pelabuhan Gilimanuk melihat kondisi yang ada di lapangan saat ini bahwa volume kendaraan dan penumpang semakin bertambah. Untuk itu, ia memandang sudah saatnya pemerintah pusat menambah jumlah dermaga yang ada di Pelabuhan Gilimanuk.

"Kita ingin pemerintah pusat mempercepat pembangunan dermaga baru di Pelabuhan Gilimanuk Bali. Kita akan dorong Dirjen Perhubungan Laut untuk segera mewujudkan hal ini," kata Ngurah Wirawan didampingi staf operasi ASDP Pelabuhan Gilimanuk, Ida Bagus Alit, Rabu (19/3/2014).

Terkait penambahan jumlah dermaga di Pelabuhan Gilimanuk, staf operasi ASDP Gilimanuk Ida Bagus Alit mengakui hal ini memang perlu dilakukan, karena jumlah dermaga yang ada dirasa masih kurang.

"Dermaga yang ada saat ini baru ada 6 dermaga, idealnya kita butuh 8 dermaga. Pada saat hari raya Idul Fitri dan libur sekolah, dermaga yang ada saat ini agak kewalahan melayani arus kendaraan dan penumpang yang keluar masuk kapal," jelas Ida Bagus Alit.

Alit menambahkan, volume penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Gilimanuk setiap tahunnya meningkat 10 persen. "Saat Lebaran kemarin saja jumlah sepeda motor saja yang lewat pelabuhan mencapai 50 ribu motor, itu baru motor saja, dan ini akan terus bertambah dari tahun ke tahun," imbuh Alit.

Selain masalah dermaga, persoalan terkait infrastruktur lain yang dihadapi Pelabuhan Gilimanuk adalah perlunya jembatan penyeberangan untuk penumpang, yang menghubungkan antara area pelabuhan dan area terminal bus di luar pelabuhan.

Ngurah Wirawan yang kini sebagai calon senator atau DPD RI asal Bali ini prihatin karena setelah turun dari kapal, penumpang harus berjalan melewati lalu lintas di dalam areal pelabuhan yang cukup padat dan bisa membahayakan keselamatan penumpang.

"Perlu dibangun jembatan layang dari terminal penumpang pelabuhan Gilimanuk menuju terminal bus. Penumpang tidak perlu melintasi jalan pelabuhan lagi dan langsung menuju terminal bus dimana bus angkutan sudah menunggu," pintanya.

Adanya jembatan layang ini, kata Ngurah, akan memberi kenyamanan bagi penumpang kapal ferry. Selain itu, sterilisasi penumpang juga bisa lebih optimal. Bus-bus yang baru turun dari kapal juga tidak akan menghambat arus lalu lintas di dalam Pelabuhan karena sudah langsung menuju terminal penumpang.

"Yang terpenting adalah manfaatnya bagi ekonomi rakyat di terminal bus penumpang. Penumpang yang baru turun dari kapal lebih sempat berbelanja di terminal sebelum melanjutkan perjalanannnya," tandasnya.[jat]

Kebocoran Air, Ahok Stop Proyek Jatiluhur

Posted: 19 Mar 2014 10:17 AM PDT

INILAHCOM, Jakarta - Rencana Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jaya membangun proyek pipanisasi air baku di Waduk Jatiluhur tampaknya harus tertunda.

Hal itu setelah Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama meminta pihak PDAM untuk memperbaiki tingkat kehilangan air terlebih dahulu, daripada membangun proyek pipanisasi di Jatiluhur.

"Kan lucu, kita ada kebocoran sampai 40 persen. Terus anda mau bikin proyek pipanisasi Jatiluhur yang hanya menambah air baku 10 persen. Saya tanya sekarang, lebih mudah mana ? kejar yang bocor atau bikin yang baru?," kata Ahok, sapaan akrab Basuki saat ditemui di Balaikota DKI, Jakarta, Rabu (19/3/2014).

Pernyataan Ahok ini terkait masih tingginya tingkat kehilangan air atau non revenue water (NRW) yang dialami dua operator mitnra Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jaya, yaitu PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) dan PT Aetra Air Jakarta.

Bahkan, pria yang akrab disapa Ahok ini menenggarai adanya permainan dalam pembangunan proyek pipanisasi tersebut. "Kalau dibangun ada tamannya sih oke saja. Makanya ini kan otak-otak proyek kalau kayak gitu lho," tegasnya.

Dalam pertemuannya dengan PDAM dan Badan Regulator PAM tadi pagi, Ahok mempertanyakan penggunaan air bersih oleh warga miskin. Berdasarkan survey World Health Organization (WHO), keluarga miskin menggunakan air bersih rata-rata 10 kubik per bulan.

Namun kenyataan dilapangan, dia mendapatkan laporan penggunaan air minum warga miskin mencapai 35 kubik hingga 100 kubik per bulan.

"Gimana caranya kalau warga miskin pakai air sampai 35 kubik atau 100 kubik per bulan. Berarti mereka jual air kan? Kalau mereka pakai lebih dari 10 kubik per bulan, ya harus bayar mahal dong," paparnya.

Dia juga mempertanyakan harga jual yang diberikan operator kepada perusahaan layanan kapal laut. Harga yang ditetapkan mencapai Rp30.000 per kubik, sementara uang yang masuk tidak kelihatan. Padahal tingkat kehilangan air minum di wilayah Utara Jakarta mencapai 40 persen.

Karena itu, Ahok meminta PDAM untuk menyelediki seluruh permasalahan tersebut. Kalau tidak ada penyelesaiannya, maka dia mensinyalir PDAM turut bermain dalam tingkat kehilangan air tersebut.[jat]



Posting Komentar