Inilah.com - Terkini

0 komentar

Inilah.com - Terkini


Suryadharma Bantah Langgar Aturan Partai

Posted: 20 Apr 2014 10:15 AM PDT

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali mengatakan tidak melanggar aturan ketika menghadiri acara kampanye Partai Gerindra di Gelora Bung Karno Senayan, beberapa waktu lalu.

"Alasan ini tak ada bukti yang kuat bahwa surat instruksi Nomor 11 tahun 2011 dilanggar oleh saya," kata SDA sapaan Suryadharma di DPP PPP, Jakarta, Minggu, (20/4/2014) malam.

Menteri Agama ini mengaku, kehadirannya saat kampanye Gerindra karena dirinya bukanlah calon legislatif, begitu juga Prabowo Subianto selaku Dewan Pembina Gerindra bukan seorang calon legislatif.

"Saya adalah calon presiden versi Mukernas, Pak Prabowo calon presiden versi Gerindra. Kenapa tak berpikir capres (calon presiden) menjalin komunikasi untuk menata komunikasi politik kedepan," ujarnya.[ris]

Viva Roma, Viva Radja

Posted: 20 Apr 2014 10:12 AM PDT

SATU target sudah diraih AS Roma: tiket Liga Champions. Mereka pun layak berterima kasih kepada Radja Nainggolan.

Douglas Maicon berteriak girang. "Roma selalu milik Liga Champions karena begitu pentingnya klub dan kota ini," ujar bek sayap asal Brasil itu.

Tiket Liga Champions itu memang tak bisa direbut lawan lagi dari tangan Roma. Kemenangan 1-0 di kandang Fiorentina, Minggu (20/4/2014) dinihari WIB, dibarengi dengan hasil imbang Napoli lawan Udinese, memastikan I Giallorossi menyelesaikan Kompetisi Seri A di posisi dua besar.

Kali ini, pahlawan Roma adalah Radja Nainggolan. Pemain nasional Belgia berdarah Batak itulah yang mencetak gol tunggal tersebut di babak pertama. Dia menyelesaikan umpan yang disodorkan Adem Ljacic.

"Kami bahagia dan puas, baik untuk kemenangan ini maupun kepastian peringkat kedua," tutur mantan bek Inter Milan itu lagi.

Kegembiraan juga ditunjukkan Ljacic. Ironisnya, dia adalah mantan penyerang Fiorentina. "Saya kenal stadion ini dengan baik. Ini laga istimewa bagi saya dengan beragam emosi. Begitu masuk lapangan, saya mengerahkan seluruh kemampuan untuk tim saya," ujarnya.

Dia mengaku, menjelang pertandingan, target mereka adalah lolos ke Liga Champions. Kini mereka mencapainya dan takkan menyerah dalam persaingan scudetto.

"Tak banyak peluang scudetto. Tapi kami belum menyerah. Bukankah Juventus masih harus main di Olimpico," ujarnya.

Pelatih Rudi Garcia pun langsung mempersembahkan tiket Liga Champions ini kepada Kevin Strootman. Dia adalah pemain Roma yang mengalami cedera saat kalah 0-1 dari Napoli. Cedera ligamen itu tak hanya membuatnya absen sampai akhir musim, melainkan juga mengubur impiannya membela Belanda di Piala Dunia 2014.

"Secara khusus, saya ingin mempersembahkan tiket Liga Champions ini untuk Kevin Strootman. Saya akan bahagia jika dia bisa main di Liga Champions musim depan bersama kami," tambah Garcia.

Dia mengaku, sejak awal sudah memperhitungkan akan menghadapi perlawanan ketat dari Fiorentina. Apalagi, beberapa saat sebelum masuk lapangan, mereka mendengar Juventus memenangkan laga. Itulah sebabnya, kemenangan menjadi sangat penting.

"Sikap tim ini adalah kuncinya. Kami bertahan dengan 11 orang dan menyerang bersama 11 orang. Fiorentina melakukan banyak tendangan jarak jauh, tapi peluang terbaik mereka hanyalah sebuah tendangan bebas yang harusnya tak kami berikan. Hampir saja Stefan Savic menyamakan kedudukan," katanya pula.

Soal scudetto pun, Garcia merendah. Dia mengaku kini hanya konsentrasi menjamu Milan di Stadion Olimpico. Satu hal yang dia pastikan, Roma masih haus kesuksesan.

"Ini musim luar biasa. Tapi kami sudah melahirkan sesuatu yang hebat. Apapun hasil yang akan datang adalah bonus," katanya lagi. (ing)

Usai Bungkam Norwich, Suarez Bidik Chelsea

Posted: 20 Apr 2014 10:06 AM PDT

INILAHCOM, Norwich - Usai memastikan tiga poin dari Norwich City, penyerang Liverpool, Luis Suarez langsung memikirkan pertandingan bigmatch Liga Primer Inggris melawan Chelsea.

The Reds (sebutan Liverpool) menang 3-2 atas Norwich di Stadion Carrow Road, Norfolk, Minggu (20/4/2014) malam WIB. Tiga gol Liverpool dicetak oleh Raheem Sterling (dua gol) dan Suarez. Gol balasan Norwich dicetak oleh Gary Hooper dan Robert Snodgrass.

Kemenangan itu membuat Liverpool kian kokoh di puncak klasemen Liga Primer Inggris dengan mengemas 80 poin. The Reds unggul lima angka dari Chelsea yang menempati posisi kedua.

"Kami senang mendapat tiga poin penting. Kami berjuang sangat keras di pertandingan tersebut. Mereka (Norwich) juga berjuang agar tidak kalah," ucap Suarez dinukil dari BBC.

Pencetak 30 gol di Liga Primer Inggris itu pun langsung memikirkan pertandingan melawan Chelsea di Stadion Anfield pada tanggal 27 April mendatang. The Reds pun menargetkan kemenangan melawan Chelsea untuk menjaga peluang meraih mahkota Liga Inggris.

"Dalam sepak bola, Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Kami harus tetap tenang dang fokus pada pertandingan berikutnya, yakni melawan Chelsea. Sangat penting bagi tim berada di posisi teratas. Itu adalah prioritas," penyerang Timnas Uruguay itu mengakhiri.

Indeks Saham Coba Bertahan di Area Positif

Posted: 20 Apr 2014 10:05 AM PDT

INILAHCOM, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepekan ke depan berpotensi bergerak di level support 4800-4850 dan resisten 4917-4928.

Kepala Riset PT Trust Securities, Reza Priyambada mengatakan, IHSG membentuk pola menyerupai white marubozu di bawah upper bollinger bands. MACD masih bertahan naik dengan histogram positif yang naik. RSI, William's %R, dan Stochastic mencoba berbalik naik.

"Laju IHSG sempat melewati target resisten (4865-4945) sehingga dapat membuka peluang kenaikan lebih lanjut mengimbangi potensi pembalikan arah sebelumnya," kata Reza dalam risetnya, Minggu (20/4/2014).

Akan tetapi, menurut Reza, posisi IHSG sepekan ke depan masih rawan ke zona merah seiring berkurangnya aksi beli. Sehingga, masih ada daya beli para pelaku pasar agar IHSG berpeluang naik meski tipis.

Untuk pekan depan, kata Reza, beberapa data ekonomi yang akan menjadi perhatian sentimen berikut ini HSBC manufacturing PMI China; Consumer confidence & GDP KorSel; Markit manufacturing PMI, markit service, markit company PMI Jerman; Markit manufacturing PMI, markit service, business confidence, & markit company PMI Perancis.

Construction output YoY, consumer confidence, markit manufacturing PMI, markit service, & markit company PMI Zona Euro, Chicago Fed National Activity Index, richmond Fed manufacturing, existing home sales, MBA mortgage applications, markit manufacturing PMI, new home sales, durable goods orders, & initial jobless claims AS dan lainnya.

Sedangkan 13 saham yang dapat dimainkan sepekan ke depan, di antaranya : PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS).

PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Mitra Adi Perkasa Tbk (MAPI), PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS), PT Ultra Jaya Milk Industry Tbk (ULTJ), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT London Sumatera Tbk (LSIP).

Indeks saham berakhir di 4.897,05 setelah naik 0,4% pada perdagangan Kamis (17/4/2014). Volume perdagangan mencapai 3,5 miliar saham senilai Rp5,08 triliun. Investor asing mengalami net buy Rp672,8 miliar.

CPO Belum Maksimal Dukung Biodiesel

Posted: 20 Apr 2014 10:04 AM PDT

INILAHCOM, Jakarta - Bahan baku biodiesel berasal dari minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO). Meski Indonesia merupakan salah satu produsen CPO terbesar dunia, nyatanya harga komoditas ini sangat terpengaruh dengan harga CPO di pasar global.

Pengamat Ekonomi dan Energi, Darmawan Prasodjo, menyarankan perlunya lembaga khusus yang memegang atau mengintervensi penyediaan biodiesel. Penyediaan ini juga terakomodasi tidak hanya pada biodiesel, melainkan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang lain.

"CPO saja itu terpangruh dengan harga global. Itu artinya ada cost yang siap ditanggung bagi produsen CPO. Untuk itu jika dipegang Pertamina otomatis hitung-hitungannya tidak boleh rugi," katanya di Jakarta, Minggu 20/4/2014).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebelumnya menyatakan, penyerapan biodiesel hingga kuartal pertama tahun ini masih terbilang minim. Ini terjadi lantaran PT Pertamina (Persero) terlambat melakukan pengadaan biodiesel di lapangan.

Kalau BUMN seperti PT Pertamina (Persero) mendapat tugas dalam penyediaan biodiesel bagi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi bukanlah tindakan yang ideal. Sebab BUMN harus terikat dengan kewajiban untuk setor dividen ke APBN. Kalau seperti ini otomatis program mandotori tak maksimal," kata akhir pekan ini.

Namun, Kementerian ESDM tetap menargetkan mandatori biodiesel 4 juta kilo liter di 2014. Pemanfaatan biodiesel tersebut digunakan untuk pencampuran bahan bakar minyak (BBM) untuk sektor transportasi, industri dan pembangkit listrik. Dengan target di tahun ini sebesar 4 juta kilo liter maka penghematan devisa mencapai US$3,1 miliar. [hid]

Tekuk MU, Everton Terus Tempel Arsenal

Posted: 20 Apr 2014 10:01 AM PDT

INILAHCOM, Merseyside - Everton terus menempel Arsenal yang berada di posisi keempat. Hal itu dipastikan setelah meraih kemenangan 2-0 atas Manchester United di Goodison Park, Minggu (20/4/2014) malam WIB dalam lanjutan Liga Primer Inggris.

Dua gol The Toffess (sebutan Everton) pada pertandingan tersebut dicetak oleh Leighton Baines dan Kevin Mirallas.

Kemenangan tersebut membuat Everton terus menempel Arsenal. Kini The Toffess mengemas 69 poin dan berada di posisi kelima. Everton hanya tertinggal satu angka dari Arsenal yang berada di zona Liga Champions. Sementara itu, United tetap di posisi ketujuh dengan 57 poin.

Roberto Martinez, pelatih Everton mengincar kemenangan kedua atas MU di musim 2013-14. Dia pun menerapkan formasi 4-5-1 dengan mengandalkan Romelu Lukaku sebagai penyerang tunggal.

Sementara itu, pelatih United, David Moyes mengandalkan penyerang andalannya, Wayne Rooney. Moyes juga menurunkan Luis Nani, Shinji Kagawa dan Juan Mata sejak menit pertama.

Jalannya pertandingan:

Sejak wasit, Mark Clattenburg meniup peluit pertandingan, kedua kesebelasan bermain dengan tempo tinggi. Namun hingga lima menit pertama, baik Evrton atau United belum bisa menciptakan peluang yang berbagaya.

Everton meraih peluang pertama di menit kedepan. Tendangan voli Coleman di dalam kotak penalti MU masih berada di atas gawang David De Gea.

Menit ke-15, Lukaku melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti MU. Namun sayang, usaha pemain pinjaman Everton dari Chelsea itu masih bisa diblok oleh pemain bertahan United.

Everton kembali mengancam gawang MU. Pada menit ke-23, Lukaku memberikan umpan sundulan kepada Naismith yang berada di dalam kotak penalti United. Naismith pun langsung melepaskan tendangan kaki kanan. Namun bola masih belum menemui sasaran.

Empat menit kemudian, Everton mendapat hadiah penalti setelah Jones menahan bola hasil sepakan Lukaku dengan kanannya. Leighton Baines menjadi algojo tendangan penalti. Dia mengirim bola ke tengah gawang, sementara De Gea bergerak ke arah kanan. Everton unggul 1-0 atas MU.

Setengah jam pertandingan berlangsung, Setan Merah belum bisa menciptakan pelaung yang membahayakan gawang Everton yang dikawal Tim Howard.

United mengurung pertahanan Everton pada menit ke-40. Keasikan menyerang, gawang De Gea kembali bobol di menit ke-43. Mirallas lolos jebakan offside. Dari dalam kotak penalti United, dia melepaskan sepakan mendatar. De Gea tidak bisa menghentikan bola yang mengarah ke pojok kiri bawah gawangnya.

Hingga babak pertama berakhir, Everton menang 2-0 atas MU.

Tertinggal dua gol, United meningkatkan intensitas serangan pada awal babak kedua. Pada menit ke-48, Kagawa melepaskan tendangan mendatar dari depan kotak penalti Everton. Namun sayang, bola masih bisa ditangkap oleh Howard.

Dua menit berselang, Everton balik mengancam MU. Coleman melepaskan tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti United. Namun bola hasil sepakannya belum menemui sasaran.

Everton kembali menebar ancaman di jantung pertahanan United. Pada menit ke-57, Mirallas melepaskan umpan lambung setelah mengeksekusi tendangan sudut. Bola disundul oleh Alcaraz. Tapi De Gea bisa menangkap bola.

Lima menit berselang, The Toffess kembali mengancam MU. Lukaku melepaskan tendangan kaki kanan mendatar dari dalam kotak penalti United. Namun usaha tersebut masih tepat dipelukan De Gea.

Menit ke-74, Moyes memasukkan Danny Welbeck yang menggantikan Kagawa. Itu artinya, MU tampil dengan tiga orang penyerang, yakni Welbeck, Javier Hernandez dan Wayne Rooney.

Naismith melepaskan tendangan kaki kanan dari depan kotak penalti United pada menit ke-80. Bola mengarah ke pojok kiri gawang MU. Tapi De Gea masih bisa menepis bola.

Penyelamatan gemilang dilakukan Howard pada menit ke-87. Berawal dari umpan terobosan Hernandez ke dalam kotak penalti Everton. Bola disambar oleh Rooney dengan kaki kanannya. Namun Howard berhasil menepis bola hasil sepakan Rooney dari jarak dekat.

Hingga pertandingan berakhir skor tetap 2-0 untuk kemenangan Everton.

Susunan pemain
Everton:
Tim Howard; Seamus Coleman, John Stones, Sylvain Distin (Antoln Alcaraz '46), Leighton Baines; James McCarthy, Gareth Barry; Kevin Mirallas, Ross Barkley (Leon Osman '70), Steven Naismith; Romelu Lukaku

Manchester United: David de Dea; Phil Jones, Jonny Evans (Javier Hernandez '61), Chris Smalling, Alexander Buttner; Michael Carrick, Darren Fletcher; Luis Nani (Antonio Valencia '61), Shinji Kagawa (Danny Welbeck '74), Juan Mata; Wayne Rooney



Posting Komentar