news.detik

0 komentar

news.detik


Harapan Umat Hindu di Hari Raya Nyepi: Lahir Pemimpin Berjiwa Kesatria

Posted: 30 Mar 2014 10:27 AM PDT

Senin, 31/03/2014 00:27 WIB

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews

Jakarta - Sejatinya umat hindu merasakan suasana berbeda dalam perayan nyepi kali ini, lantaran upacara Tawur Agung yang berbarengan dengan masa kampanye partai politik. Sejuta harapan dipanjatkan umat hindu terhadap calon pemimpin kali ini.

"Semoga di tahun ini lahir pemimpin berjiwa kesatria. Pemimpinan nanti harus bisa tepo seliro yaitu janganlah memakah istilah mumpung," ujar pemaku pura Aditya Jaya, I Made Agung Nugraha saat berbincang-bincang dengan detikcom, Senin (30/3/2014).

Maksud Tepo Seliro menurut Agung, ketika menjadi pejabat tidaklah bertindak semaunya. Seperti sikap arogan dan tidak berpikir bijaksana.

"Karena di dalam ajaran hindu seorang pemimpin harus bisa bersikap satria dia, pemimpin yang berani berkorban dan menujukan bangsa ini sebagai bangsa satria," ujar Agung.

Agung mengatakan seorang pejabat hendaknya tidak memperkaya diri sendiri atau lebih dikenal dengan korupsi. Sejati sifat seperti itu bukanlah ciri dari seorang pemimpin.

"Ketika korupsi pejabat lalu membesarkan anak dan keluarga dengan uang korupsi, selalu ingatlah hukum karma itu selalu ada karma itu akan dirasakan ketika pesiun nanti," tuturnya.

Sebagai pemangku di Pura Aditya Jaya harapan dan doa dipanjatkan kepada calon pemimpin. Tentunya pemimpin nanti kelak dapat tegas menindak pelanggaran hukum.

"Mari tegakan negara ini keadilan kalau salah mari kita hukum seberatnya kalau yang benar jangan dicari kesalahannya. Karena jaman kali ini jaman edan yang jujur ancur, yang tidak jujur tumbuh subur, jangan lindungi orang yang melanggar hukum sehingga selalu direndahkan martabat bangsa oleh negara-negara lain," tuturnya.

Agung juga mengungkapkan pemimpin nanti mampu menyejahaterakan rakyatnya. Selain itu pemimpin bangsa harus mendukung rakyatnya.

"Kepada pemerintah kelak nanti mendukung penemuan dari rakyat sendiri, yang bisa dipakai untuk rakyatnya," ungkapnya.

(edo/rvk)

Punya informasi penting yang ingin Anda laporkan? Atau punya #FotoUnik? Kirim ke PASANGMATA.COM .



Sponsored Link

Rosberg Sebut Hamilton Terlalu Cepat di Sepang

Posted: 30 Mar 2014 10:25 AM PDT

Sepang - Pebalap Mercedes Nico Rosberg menyatakan kondisi lintasan Sepang menyulitkannya tampil oke. Tetapi ia juga mengakui kalau rekan satu timnya, Lewis Hamilton, memang terlalu cepat untuk bisa dikejar.

Rosberg, pemenang GP Australia dua pekan lalu, kali ini harus puas finis kedua dalam balapan GP Malaysia, Minggu (31/3/2014), dengan tertinggal 17,300 detik dari Hamilton yang tampil dominan.

"Aku cuma berusaha mengejar Lewis tapi ia sedikit terlalu cepat hari ini," komentar Rosberg di ESPN F1.

"Sedikit sulit di lintasan karena permukaannya terlihat tidak bagus, licin, dan aku secara khusus kesulitan dengan ban belakang. Itu sedikit membuat sedikit sulit," lanjutnya.

Hasil itu membuat Rosberg masih memuncaki klasemen sementara F1 dengan 43 poin. Hamilton, yang gagal finis di balapan pertama lalu, menempati posisi dua dengan 25 poin. Mercedes sendiri memuncaki klasemen konstruktor dengan 68 poin, unggul 25 poin dari McLaren.

(krs/mrp)

Bikin 29 Gol di Premier League, Suarez Patahkan Rekor Fowler

Posted: 30 Mar 2014 10:22 AM PDT

Jakarta - Luis Suarez mencetak satu gol yang mengantar Liverpool naik ke puncak klasemen Premier League. Gol tersebut juga mengantarnya mematahkan rekor pemain tersubur The Reds dalam satu musim, yang sebelumnya dipunya Robbie Fowler.

Fowler mencetak gol kedua Liverpool saat 'Si Merah' meraih kemenangan 4-0 atas Tottenham Hotspur di Anfield, Minggu (30/3/2014) malam WIB. Menusuk dari sisi kiri, tendangan terarah Suarez ke tiang jauh menambah koleksi golnya musim ini menjadi berjumlah 29.

Dengan 29 gol tersebut, Suarez kini tercatat sebagai pemain tersubur The Reds untuk satu musim kompetisi Liga Inggris. Dia mematahkan rekor yang sebelumnya dipunya Fowler dengan 28 gol.

Fowler mencatatkan 28 gol tersebut pada musim 1995-1996 dan mengantar The Reds finis di posisi tiga. Suarez tentunya bisa punya jumlah gol yang lebih banyak karena masih punya enam pertandingan sisa di musim ini, sementara Liverpool kini bertengger di puncak klasemen dan punya kans besar menyudahi puasa gelar Liga Inggris.

Suarez masih tertinggal lima gol jika ingin menyamai rekor gol terbanyak dalam satu musim Premier League. Catatan tersebut dipegang Andy Cole (1993/1994) dan Alan Shearer (1994/1995) yang mencetak 34 gol masing-masing untuk Newcastle United dan Blackburn.

(din/krs)

Gilas Spurs 4-0, Liverpool Puncaki Klasemen

Posted: 30 Mar 2014 09:57 AM PDT

Liverpool - Liverpool tampil dominan saat mengalahkan Tottenham Hotspur dan menang empat gol tanpa balas. Hasil ini membawa The Reds mengudeta puncak klasemen dari Chelsea.

Pada laga pekan ke-32 yang dihelat di Anfield, Minggu (30/3/2014) malam WIB, Liverpool unggul cepat di menit kedua lewat bunuh diri Youness Kaboul. Luis Suarez mencetak gol kedua timnya sekaligus yang ke-29 musim ini.

Di babak kedua gol-gol tambahan untuk Liverpool hadir dari Phillipe Coutinho dan Jordan Henderson.

Tambahan tiga poin ini membuat 'Si Merah' mengumpulkan 71 poin dan menggeser Chelsea dari posisi teratas yang berselisih dua angka. Sementara itu dari Manchester City yang masih menyimpan dua laga sisa, Liverpool unggul tiga angka.

Sementara itu Spurs tertahan di posisi keenam dengan 56 poin, berselisih delapan poin dari Arsenal di posisi empat alias batas terakhir zona Liga Champions.

Jalannya Pertandingan

Waktu di papan skor belum genap dua menit, Liverpool sudah memimpin. Tuan rumah membangun serangan dari sisi kanan yang diawali umpan panjang Coutinho ke Raheem Sterling, yang kemudian mengoper bola ke Glen Johnson.Next

(mrp/din)

Sambut Nyepi, Warga Bali Tumpah Ruah Gelar Pawai Ogoh-ogoh

Posted: 30 Mar 2014 09:56 AM PDT

Minggu, 30/03/2014 23:56 WIB

Halaman 1 dari 2

Foto: Ogoh-ogo (Noeradji/pasangmata.com)

Jakarta - Warga Bali malam ini tumpah ruah ke jalanan dalam pawai ogoh-ogoh menyambut Hari Raya Nyepi yang akan berlangsung Senin (31/3) besok. Acara berlangsung meriah diikuti ribuan warga termasuk turis asing.

"Kurang lebih 200 ogoh-ogoh di arak sejauh kurang lebih 5 Km di Puputan Badung, Kota Denpasar," kata seorang warga Bali, Eko Sunarko kepada detikcom, Minggu (30/3/2014).

Acara berlangsung sangat meriah mulai pukul 17.00-23.00 WITA. Ogoh-ogoh yang diarak paling tinggi mencapai 4 meter. Tak hanya umat Hindu, tapi juga penganut agama lain termasuk turis ikut meramaikan acara tersebut.

"Mereka (turis asing-red) ikut datang, kebanyakan mereka foto-foto," ujarnya.

Tak hanya di Puputan Badung, kemeriahan pawai Ogoh-ogoh juga tampak di Jalan Tunggul Ametung, Denpasar Utara, Kota Denpasar. Di lokasi ini ratusan pemuda bergantian mengarak ogoh-ogoh setinggi mencapai 3,5 meter.

"Ada 15 ogoh-ogoh dari yang kecil ukuran 1 meter sampai 3,5 meter, diarak sekitar 2 KM memutari desa," ucap warga Bali lain Gung De Warmadewa.

Namun menurutnya, pesta ogoh-ogoh kali ini tak sesemarak tahun lalu, karena tahun ini sedang berlangsung pemilu. "Kalau dulu diarak sampai taman Kota Denpasar sekitar 15 KM, sekarang ada aturan cuma sekitar 2 KM," ujarnya.Next

(iqb/rvk)

Punya informasi penting yang ingin Anda laporkan? Atau punya #FotoUnik? Kirim ke PASANGMATA.COM .



Sponsored Link

Pemilu Presiden di Mesir Dilaksanakan Pada 26 dan 27 Mei

Posted: 30 Mar 2014 09:35 AM PDT

Minggu, 30/03/2014 23:33 WIB

Kairo - Pemerintah Mesir telah mengumumkan tanggal untuk melakukan pemilu presiden di tahun ini. Ada pun tanggal yang dipilih untuk pemungutan suara jatuh pada 26 dan 27 Mei 2014.

Dilansir dari Voice of America, Minggu (30/3/2014), jika diperlukan untuk pemilu putaran kedua maka hal itu akan diberlakukan sebulan setelah pemilu putaran pertama. Tanggal untuk putaran kedua jatuh pada 26 dan 27 Juni 2014.

Tetapi, jika tidak ada putaran kedua maka diharapkan pada tanggal 5 Juni sudah ada hasil pemilu presiden di negeri piramid tersebut.

Sebelum memasuki pemilu, komisi pemilihan di Mesir akan menerapkan masa kampanye. jadwal kampanye akan berlangsung 3 minggu dari awal bulan Mei. Sedangkan pada tanggal 20 April akan dijadikan sebagai tanggal penutupan untuk pendaftaran calon presiden.

Sejauh ini kursi calon presiden sudah dikumandangkan oleh mantan Menteri pertahanan Mesir, Jenderal Abdel Fattah El-Sisi.

Pelaksanaan pemilu ini menyusul digulingkan Presiden Mesir Mohamed Morsi pada 3 Juli 2013 lalu. Penggulingan ini dilakukan oleh masyarakat Mesir.

(rvk/iqb)

Punya informasi penting yang ingin Anda laporkan? Atau punya #FotoUnik? Kirim ke PASANGMATA.COM .



Sponsored Link


Posting Komentar